Manfaat Baby Oil Selain Untuk Baby

Manfaat Baby Oil | Berbagi Cantik

Suatu hari saya pergi ke swalayan dengan tujuan membeli micellar water yang sudah menjadi langganan saya. Saat tiba disana, produk yang saya cari kosong. Ada brand lain, hanya saja – untuk kulit saya – merk itu yang paling cocok. Mbak-mbak SPG nyeletuk agar saya pakai baby oil saja. Katanya, kemanjurannya membersihkan make up dan keamanannya untuk kulit sensitif setara dengan micellar water terbaik. Saya beli, dan beneran manjur.

Selain sebagai pembersih make up, ternyata baby oil punya banyak fungsi lainnya lho. Mau tau? Ikutin terus artikel ini ya. Hehe.

10 Manfaat Baby Oil

Manfaat Baby Oil | Berbagi Cantik
Manfaat Baby Oil | Photo by Christin Hume / Unsplash

1. Pembersih Make Up

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, minyak bayi ini dapat bermanfaat untuk membersihkan make up pada wajah, yang berbahan waterproof sekalipun, seperti maskara, eyeliner, dan lipstick.

Cukup tuangkan baby oil pada kapas, usapkan pada bagian wajah yang ingin dibersihkan. Lakukan dengan lembut. Memang perlu mengusap berulang, karena bahan dasarnya bukan seperti micellar water yang beberapa kali usap sudah bisa mengangkat make up.

2. Pelembab Kulit

Ada masa dimana cuaca di negara kita, siang terasa panas, malam terasa dingin. Saat seperti ini, biasanya kulit akan mengalami pecah-pecah, atau terkelupas, seperti pada bagian wajah, siku, atau tumit. Minyak bayi juga bisa mengatasinya dengan baik.

Oleskan baby oil pada kulit yang biasanya mudah pecah-pecah, ratakan hingga minyak meresap. Pastikan Anda sudah membersihkan bagian kulit tersebut, atau bisa juga melakukan program treatment ini seusai mandi.

3. Krim Cukur

Bagi Anda yang biasa mencukur, Anda bisa mencoba menggunakan baby oil sebagai pengganti krim cukur. Baby oil dapat membantu meminimalisir iritasi, dan melembutkan kulit sehabis mencukur.

Namun perlu diingat, apabila Anda mencukur di kamar mandi, pastikan tidak ada tetesan minyak bayi yang bisa membuat terpeleset.

4. Minyak Pijat

Untuk memudahkan proses pemijatan tubuh, biasanya kita akan menggunakan minyak pijat, seperti jojoba oil, minyak almond, minyak zaitun, dan lain sebagainya. Saat Anda kehabisan minyak pijat, Anda dapat menggunakan baby oil sebagai gantinya.

5. Manicure dan Padicure

Ingin kuku kaki dan tangan terlihat cantik dan bersih dengan budget minim? Oleskan minyak bayi pada kulit di sekitar kuku yang ingin Anda cat. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada cat kuku yang jembret.

Setelah itu, teteskan sedikit minyak bayi di atas kuku yang selesai dicat, agar lebih cepat kering dan tidak mudah rusak apabila kuku tidak sengaja tersentuh. Selain kuku menjadi cantik, bagian kulit di sekitar kuku juga akan menjadi lembut.

6. Pengangkat Perekat

Perekat yang saya maksud disini adalah segala sesuatu yang ditempelkan dengan bantuan lem, seperti plester, isolasi, label harga, stiker, tato temporer, dan bahkan permen karet.

Anda hanya perlu menuangkan minyak bayi secukupnya pada selembar kain, kemudian gosokkan pada perekat yang ingin diangkat. Hasilnya semua terangkat sempurna tanpa ada sisa lem yang menempel.

7. Penghilang Noda pada Peralatan Stainless

Jika Anda mendapati noda menempel pada peralatan apapun yang berbahan dasar stainless steel, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan baby oil.

Sama seperti sebelumnya, cukup tuangkan minyak ini pada kain lap, dan voila! Peralatan Anda bersinar kembali seperti baru.

8. Penghilang Jamur

Jamur biasanya mudah tumbuh pada tempat yang lembab, dan permukaan benda yang sering terkena air, seperti korden di kamar mandi, tempat meletakkan sikat gigi, dan lainnya.

Lap bagian yang berjamur dengan kain yang sudah dicelupkan dalam minyak bayi. Setelah itu bilas dengan air hangat. Pastikan tidak ada sisa minyak yang bisa membuat lantai licin.

9. Pelumas

Apabila Anda memiliki masalah pintu berderit, atau laci yang sulit dibuka, atau juga resleting yang sering macet, cobalah atasi dengan baby oil. Oleskan minyak pada bagian engsel atau resleting, ratakan hingga pintu, laci, atau resleting lebih mudah dibuka-tutup.

Pelumas ini juga berguna apabila kita punya masalah saat melepaskan cincin dari jari. Teteskan sedikit minyak bayi pada bagian dalam cincin, lepaskan perlahan. Cincin akan lebih mudah dilepas, yang terpenting, tidak membuat kulit lecet.

10. Penghilang Cat atau Sejenisnya

Seusai kita mengecat tembok sendiri, atau membetulkan kendaraan kita, biasanya akan ada noda cat, oli, dan lain sebagainya yang masih menempel pada kulit. Biasanya noda tersebut cukup sulit dibilas.

Untuk memudahkan kita membersihkannya, oleskan minyak bayi pada bagian kulit yang terkena noda. Noda akan menghilang dengan cepat, kulit pun menjadi lembut dan lembab.

Itulah 10 manfaat lain dari baby oil selain untuk dioleskan pada tubuh bayi. Adapun beberapa merk minyak bayi yang bisa kita gunakan, tentunya dengan manfaat tambahan.

7 Baby Oil Terbaik

Inilah 7 brand baby oil terbaik versi Berbagi Cantik.

1. Johnson’s

Minyak bayi dari Johnson’s ini berbahan dasar mineral oil murni yang dapat mengunci kelembapan pada kulit kering hingga 10x lebih banyak daripada pelembab biasa.

2. Cussons Baby

Minyak dari Cussons Baby ini memiliki 3 varian, yaitu:
1. Mild and Gentle Oil (biru)
Varian ini mengandung Olive dan Chamomile oil.

2. Baby Oils Natural (hijau)
Varian ini mengandung Aloe Vera, Olive oil, dan vitamin E.

3. Soft and Smooth Baby Oil (pink)
Varian ini mengandung Almond dan Rose oil.

3. Pigeon

Pigeon memiliki 2 varian minyak, yaitu:

1. Baby Clear Oil

Varian ini mengandung bahan pelembab yang menyerupai Vernix (lapisan pelindung alami ketika bayi baru lahir).

2. Calming Oil

Varian ini mengandung Emolien yang menyenangkan untuk kulit.

4. Mitu

Mitu baby oil memiliki kandungan Olive oil dan vitamin E.

5. Bambi

Produk dari Bambi ini mengandung pro-vitamin B5, Licorice, dan ekstrak Chamomile.

6. Mustela

Mungkin kita agak asing dengan merk ini, namun produk Mustela yang dikemas dalam bentuk spray ini, memiliki manfaat yang baik karena mengandung 3 minyak, yaitu Avocado oil, Pomegranate Seed oil, dan Sunflower oil yang dapat melindungi dan menyehatkan sel kulit.

7. Little Twig

Produk Little Twig ini kaya akan kandungan minyak esensial organik, Jojoba oil, dan memiliki aroma Lavender yang menenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.